Dukung Diplomasi Ekonomi, PT Semen Indonesia Rambah Yordania

By Admin

nusakini.com--PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. yang tergabung di dalam Indonesia-Jordan Business Council (IJBC) berminat ekspansi bisnis di Yordania melalui partisipasi pada Joenergy, Jordan Build, and Rebuild Syria Expo & Conference, 31 Juli – 3 Agustus 2017 di Amman International Motor Show,Yordania. Pameran dan konferensi internasional ini diikuti oleh lebih dari 100 perusahaan dalam negeri dan international. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Yordania, Sami Halaseh, yang membuka resmi kegiatan tersebut, menyempatkan diri mengunjungi stan PT Semen Indonesia dan berbincang dengan Budi Siswoyo, Direktur Pengembangan Usaha dan Litbang. Hadir pula pada kesempatan tersebut Duta Besar RI Andy Rachmianto, Presiden Komisaris PT Semen Indonesia Dr. Sutiyoso, Ketua Kadin Komite Tetap Timur Tengah dan OKI Fachry Thaib, dan Ketua IJBC Mayra Andrea. 

PT Semen Indonesia sangat berminat untuk melakukan ekspansi usaha ke negeri para nabi mengingat letak Yordania yang sangat strategis, berbatasan langsung dengan Suriah dan Irak yang membutuhkan pembangunan kembali dengan segera apabila konflik telah berakhir. Yordania juga memiliki bahan mentah yang berlimpah untuk memproduksi semen. 

Perusahaan Semen Al Rajhi, salah satu perusahaan semen yang beroperasi di Yordania sejak tahun 2006 dengan kapasitas produksi mencapai 2,4 juta ton pertahun, mengaku sangat tertarik untuk melakukan kerja sama dengan PT Semen Indonesia. Kedua belah pihak sepakat untuk menggali lebih jauh bentuk kerja sama saling menguntungkan yang akan dilaksanakan. 

Sebelumnya, PT Semen Indonesia didampingi oleh Dubes RI Andy Rachmianto telah melakukan kunjungan ke perusahaan Manaseer Group, yang bergerak di berbagai industri, seperti industri semen, migas dan baja. Delegasi IJBC diterima oleh Muin Qadada, Vice Chairman Manaseer Group dan Mohammad Al-Kharabseheh, Managing Director Manaseer Iron & Steel. Kunjungan tersebut dimanfaatkan kedua belah pihak untuk mengeksplorasi peluang-peluang kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua perusahaan. Selain PT Semen Indonesia, Pertamina Holding juga menjajaki kerja sama dengan Manaseer Group, termasuk pelatihan vokasional di sektor migas.